Gorden merupakan potongan kain yang dibuat untuk menutupi jendela sehingga cahaya terhalang untuk masuk. Gorden digunakan untuk mencegah orang lain melihat ke dalam saat kita ingin memasukan angin segar ke rumah tanpa perlu menutup jendela.

Salah satu interior rumah yang sudah tidak asing bagi kita, sebagian besar orang juga sudah memasang gorden di rumahnya. Mulai dari pintu-pintu kamar, jendela bahkan tempat mandi pun di pasangi gorden. Saat ini jenis dan model gorden sudah beragam, bentuk dan bahannya pun bermacam macam.

Gorden memiliki banyak ukuran namun pada dasarnya merupakan sebuah kain yang harus senantiasa kita rawat. Karena ukurannya yang relatife besar biasanya kita mencuci gorden dalam jangka waktu yang cukup lama. Tetapi setiap hari gorden terkena debu dan harus terus menerus dibersihkan, namun kalau setiap akan membersihkan kita harus melepasnya tentu itu merepotkan.

Cara Memilih Jenis Gorden

Sebelum masuk ke pembersihkan karpet kita tentu harus tau faktor-faktor dalam memilih sebuah Gorden.

1. Memilih Bahan Gorden

Bahan gorden adalah elemen terpenting dalam memilih gorden. Saat membersihkan groden pun caranya semua tergantung bahannya. Kalau rumah kalian sering terpapar sinar matahari yang masuk ke rumah pilihlah yang berbahan blackout. Karena blackout bisa menangkal cahaya matahari. Jika kaca yang di rumah kita terbuat dari bahan riben, anda bisa memilih gorden berbahan tipis, dan kalau ingin kesan mewah pilihlah model gorden import.

2. Memilih Model Gorden

Model cukup penting karena saat membersihkan debu tentu model gorden yang simple lebih memudahkan kita. Kita bisa memilih model gorden yang sesuai dengan ukuran jendela di rumah kita, sesuaikan model dengan furniture-furniture di sekitar jendela.

3. Memilih Motif Gorden

Ketika memilih motif gorden perhatikan tema rumah kita, terkadang wallpaper dinding mempunyai banyak motif saat seperti itu kita harus memilih gorden tanpa motif. Karena apabila kita memilih motif gorden yang sama dengan keadaan rumah maka akan terlihat monoton dan norak.

4. Memilih Tema Gorden

Hampir sama seperti memilih motif, memilih tema gorden juga harus menyesuaikan karakter rumah kita. Kalau desain rumah kita minimalis atau bergaya eropa pilihlah gorden bertema spanyol karena gorden spanyol memiliki banyak sekali corak yang cocok dengan rumah minimalis.

5. Memilih Warna Gorden

Yang terakhir pilih warna yang kuat, sesuai dengan tema rumah, dan tidak mudah luntur. Karena semakin lama kita membersihkannya warna akan semakin pudar. Semakin berkualitas warnanya semakin awet keindahan gordennya.

Cara Membersihkan Gorden Jendela Tanpa Perlu Dilepas

Cara Membersihkan Gorden Jendela Tanpa Dilepas

Setelah membahas tentang cara memilih gorden yang bagus, berikut telah kami rangkumkan beberapa cara membersihkan gorden tanpa perlu melepasnya dari jendela.

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Cara pertama adalah menyedot debu-debu yang menempel di gorden. Dengan membersihkan debu dan kotoran tentu akan membuat gorden lebih bersih dari sebelumnya. Kamu bisa membersihkan gorden dengan vakum cleaner seminggu sekali.

2. Membersihkannya Menggunakan Kemoceng

Cara ini termasuk cara yang paling praktis apalagi kalau kamu sedang bosan dan lumayan mager. Saat membersihkan gorden dengan menggunakan kemoceng singkirkan debu secara berkala dari atas ke bawah supaya kotorannya turun ke lantai. Lakukan perlahan saja agar debu hilang secara merata.

3. Dengan Cara Mengangin-anginkan Gorden

Salah satu cara simple membuang debu adalah mengangikannya. Saat cuaca sedang berangin. Angin bukan hanya menyegarkan ruangan, tapi juga membersihkan debu-debu dari tirai. Lakukan sekurang-kurangnya sebulan sekali.

4. Membasahi gorden

Kalau di gorden kita melihat kotoran yang menempel. Pertama ambil lap lalu rendam dengan larutan sabun beberapa menit kemudian lapkan ke gorden yang kotor. Lalu bilas lap basah dengan air bersih setelah itu peras lalu lapkan ke gorden secara merata, setelah itu kita lap gorden dengan lap kering. Kalau terlihat bintik-bintik kita bersihkan dengan penghapus noda ataupun dengan penghapus biasa.

Selalu perhatikan penghilang noda diharuskan mempunyai dasar alami, pembersihan kotoran tidak memerlukan keterampilan atau pengetahuan khusus. Tips paling mudah dalam menghilangkan noda kering yaitu menyekanya dengan lembut menggunakan penghapus. Penghapus biasa yang lunak, biasa kita gunakan untuk menghapus tulisan pensil di kertas, penghapus bisa menjadi pembersih noda terbaik.

Sebelum melakukan pembersihan, check kebersihan pembersihnya. Seharusnya tidak mempunyai partikel abrasive. Bersihkan kotoran dengan berhati-hati serta tidak perlu menggosoknya terlalu banyak. Kalau noda masih membandel terpaksa gunakanlah pembersih basah.

Itulah beberapa cara membersihkan gorden tanpa harus repot-repot melepaskannya dari jendela. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.