Mencuci karpet bulu termasuk salah satu hal yang memusingkan bagi sebagian orang. Karena karpet ini biasanya memiliki ukuran yang cukup panjang serta lebar dan disertai dengan bulu-bulu. Tentunya hal ini akan membutuhkan usaha serta waktu yang lumayan lama untuk mencucinya.

Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang tidak mau repot kemudian lebih memilih untuk mencuci karpet bulu ke tempat cuci karpet. Namun cuci karpet bulu tidaklah sesulit yang Anda bayangkan jika dilakukan dengan cara yang benar. Anda bisa lebih berhemat jika mencuci karpet bulu sendiri tanpa ke tempat cuci karpet. 

Cara mencuci karpet bulu di rumah tidak terlalu sulit. Jika Anda mencuci karpet bulu dengan benar maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga saat mencuci karpet bulu. Kemudian karpet bulu juga harus rutin dibersihkan. Hal ini bertujuan agar menjaga karpet bulu tetap bersih serta nyaman saat digunakan. 

Jangan sampai karpet bulu dibiarkan kotor dalam waktu yang lama. Karena jika membiarkan noda di karpet bulu terlalu lama maka akan membuat karpet cepat rusak. Jika Anda ingin mencucinya sendiri juga harus dengan cara yang benar dan tepat. Berikut cara mencuci karpet bulu yang tepat.

1. Bersihkan dengan menggunakan Vacuum Cleaner atau sikat lembut

Cara Efektif Membersihkan Karpet Bulu di Rumah | Popmama.com

Cara mencuci karpet bulu yang pertama yaitu membersihkan dahulu karpet bulu dengan vacuum cleaner atau bisa juga dengan sikat lembut. Sebelum mencuci karpet bulu Anda harus menghilangkan debu atau kotoran yang menempel di karpet bulu. 

Hal ini bertujuan agar karpet bulu semakin mudah saat dicuci. Karena jika Anda langsung membersihkan atau mencuci dengan menggunakan air maka karpet bulu akan semakin sulit dibersihkan. Dan memakan waktu yang cukup lama. 

Maka dari itu bersihkan terlebih dahulu karpet bulu menggunakan vacuum cleaner ataupun sikat lembut. Supaya seluruh debu atau kotoran yang menempel pada karpet bulu akan berjatuhan. Jangan lupa sikat secara secara halus karena jika Anda menyikatnya dengan kasar maka akan merusak karpet bulu. 

Lain halnya ketika Anda membersihkan karpet bulu dengan menggunakan vacuum cleaner. Jika Anda membersihkan debu menggunakan vacuum cleaner maka harus dilakukan di dua sisi. Jika Anda membersihkan di bagian karpet yang berbulu atau bagian sisi atas, sebaiknya Anda melapisi karpet bulu tersebut dengan kain. 

Jika tidak dilapisi dengan kain maka sedotan dari vacuum cleaner dapat merusak bulunya. Kemudian setelah itu baru sedot debu di karpet bagian bawah atau bagian yang tidak ada bulunya tanpa dilapisi kain. 

2. Cuci dengan cara digantung

Jika semua debu pada karpet bulu sudah hilang maka kemudian bentangkan karpet bulu dengan cara menggantungnya di tempat jemuran. Perhatikan tempat menggantung karpet bulu. Tempat menggantung karpet bulu harus memiliki penyangga yang kuat misalnya tempat jemuran yang terbuat dari besi. 

Jika Anda mencuci karpet bulu dengan cara digantung maka akan membuat air yang digunakan dapat lebih mengalir dibandingkan dengan mencuci karpet bulu di lantai. Dan juga Anda tidak perlu repot-repot mengangkatnya lagi setelah karpet bulu dicuci. Karena karpet bulu sudah tergantung langsung dijemur. 

3. Menggunakan baking soda atau cuka untuk menghilangkan noda

Cara mencuci karpet bulu selanjutnya yaitu cuci dengan menggunakan baking soda atau cuka untuk menghilangkan noda pada karpet bulu. Untuk menghilangkan noda yang membandel pada karpet bulu, Anda dapat menggunakan baking soda yang dicampur dengan cuka dan air. 

Kemudian bersihkan karpet bulu dengan perlahan-lahan. Karena karpet bulu memiliki sifat sensitif. Selain itu jika Anda menggunakan detergen yang cukup keras maka akan beresiko dan membuat bulu-bulu pada karpet rontok. Maka dari itu akan lebih aman jika Anda mencuci atau membersihkan karpet bulu dengan menggunakan detergen khusus untuk pakaian bayi.

4. Bilas menggunakan sikat halus 

woman cleaning carpet from stain

Setelah menghilangkan noda maka selanjutnya yaitu bilas dengan sikat lembut atau halus. Anda harus menggunakan sikat yang halus serta lembut kemudian gosok secara perlahan-lahan pada bagian karpet yang kotor. Jangan terlalu keras saat menyikatnya agar bulu pada karpet tidak rontok. 

Setelah semuanya bersih lalu bilaslah karpet bulu dengan menggunakan semprotan yang tidak keras atau lembut. Kemudian biarkan airnya mengalir membawa semua kotoran karpet bulu. Jangan lupa ulangi pembilasan tersebut hingga karpet bulu benar-benar bersih dari sabun serta kotoran yang ada pada karpet bulu. Dan jika perlu Anda dapat juga memberi larutan pelembut dengan air dingin sesuai kebutuhan Anda. 

Kemudian jika sudah lalu jemurlah karpet bulu yang sudah dicuci. Namun jangan menjemurnya dibawah sinar matahari langsung karena dapat merusak karpet bulu. Anda bisa menjemurnya diteras rumah.

Itulah tadi cara mencuci karpet bulu. Jangan sembarangan mencuci karpet bulu tanpa mengetahui cara mencuci karpet bulu yang benar dan tepat. Karena jika mencuci karpet bulu dengan cara yang salah maka dapat membuat karpet bulu Anda rusak. 

Open chat
Hai, Untuk pemesanan laundry dll bisa chat lewat sini ya!