Kamar mandi menjadi salah satu tempat yang hampir setiap hari kita gunakan baik untuk mandi, mencuci, dan kegiatan lainnya. Kita tidak pernah melewatkan rutinitas untuk pergi ke kamar mandi mulai dari membuka mata di pagi hari hingga menutup mata di malam hari. Menjadi tempat yang sering digunakan, membuat kamar mandi menjadi fasilitas bagi pertumbuhan bakteri. Berbagai orang silih berganti memasuki kamar mandi setelah melakukan aktivitas di luar.

Fungsi utama kamar mandi, yaitu sebagai tempat untuk mandi, selain itu juga untuk buang air kecil maupun besar. Jika tidak sering dibersihkan, kamar mandi akan menjadi sarang kuman maupun bakteri selain itu juga akan terlihat kotor dan menjijikan. Berbagai masalah noda seperti kerak, jamur, lumut, akan muncul jika tidak rajin dibersihkan. Lalu bagaimana cara membersihkannya?, simak pembahasan berikut ini.

Tips Membersihkan Kamar Mandi

membersihkan kamar mandi

Cara mengatasi masalah noda kerak ataupun lumut ini sangat mudah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkannya. Berikut cara membersihkan kerak, lumut, dan noda lain di kamar mandi.

1. Menggunakan Garam

Kamu bisa menghilangkan noda lumut dengan mudah hanya dengan menggunakan garam. Lumut biasanya tumbuh ditempat yang lembab, tidak terkecuali di kamar mandi. Jika kamar mandimu memiliki ventilasi udara yang cukup, hal ini mungkin tidak akan banyak menimbulkan masalah. Tetapi jika ventilasi di kamar mandi kurang dan tidak rajin dirawat lumut akan sangat mudah untuk tumbuh.

Jika dibiarkan saja, lumut akan meninggalkan bekas noda, membuat bangunan menjadi cepat rapuh, dan juga membuat licin. Untuk membersihkannya kamu tidak perlu repot-repot membeli obat anti lumut, dan tidak perlu lelah untuk menggosoknya. Kamu bisa menggunakan garam untuk menghilangkan lumut yang ada di kamar mandimu.

Caranya, masukan sekitar 3 sendok makan garam ke dalam panci yang berisi 2 liter air. Setelah itu, rebus hingga garam larut dengan sempurna dan hingga mendidih. Siramkan larutan garam yang sudah mendidih tadi ke bagian kamar mandi yang berlumut, lalu sikat permukaannya sampai bersih. Setelah itu bilas, kamu bisa mengulangi cara yang sama sekali kali untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

2. Menghilangkan Kerak Dengan Asam Cuka

Kerak menjadi salah satu masalah noda yang ada di kamar mandi dan mungkin membuatmu pusing untuk membersihkannya. Kerak yang muncul disebabkan oleh cairan bekas sabun atau noda jamur dan lumut yang tidak rajin dibersihkan. Sehingga akhirnya mengering dan menjadi kerak. Kamu bisa menggunakan asam cuka untuk mengatasi noda kerak yang ada di kamar mandi rumahmu.

Kamu hanya perlu mencampurkan larutan asam cuka dan juga air dengan perbandingan 1 banding 1. Lalu siramkan larutan tadi ke bagian yang berkerak hingga merata dan gosok bagian yang berkerak hingga bersih. Jika noda kerak masih tersisa dan sulit dihilangkan, coba menggunakan larutan asam cuka tanpa dicampur dengan air. Gosok sedikit lebih keras untuk menghilangkan kerak yang ada di lantai kamar mandi.

3. Menghilangkan Noda Karat Di Keran Air Dengan Lemon

Keran air sangat sering ditemukan di kamar mandi. Bukan hanya kamar mandi saja, tetapi cara ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda karat di setiap benda yang berkarat. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan air jeruk lemon, sehingga keran menjadi lebih bersih tanpa perlu membeli yang baru.

Lemon mempunyai kandungan asam tinggi yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan noda kerak, dan untuk lebih maksimal lagi kamu bisa mencampurkannya dengan garam. Caranya yaitu iris lemon menjadi beberapa bagian, lalu gosok buah tersebut ke permukaan yang berkarat. Setelah itu, gosok menggunakan sikat yang berbahan keras dan bilas hingga bersih.

Jika ingin menggunakan campuran garam, kamu tinggal mencampurkan perasan air lemon dengan garam. Oleskan ke bagian yang berkarat hingga merata, diamkan selama 2 sampai 3 jam lalu gosok dengan kain lap atau sikat berbahan keras.

4. Membersihkan Keramik Kamar Mandi Dengan Sitrun

Jika kamu masuk ke dalam kamar mandi tentu saja hal yang pertama kali kamu sentuh adalah lantai. Lantai juga menjadi sarang berkembang biak bakteri jika tidak rajin dibersihkan. Noda pada keramik bisa diatasi hanya dengan menggunakan sitrun. Bahan yang satu ini mudah ditemukan dan bisa dibeli di beberapa toko kue dan bahan makanan.

Sikat keramik kamar mandi terlebih dahulu lalu basahi dengan air dan taburkan sitrun dibagian keramik yang bernoda. Biarkan selama kurang lebih 1 jam untuk hasil yang maksimal bisa lebih lama lagi. Selanjutnya, sikat bagian keramik yang sudah ditaburi dengan sitrun tadi menggunakan sikat kamar mandi, lalu bilas.

Itulah tadi pembahasan mengenai tips membersihkan kamar mandi yang berkerak dan berlumut, semoga bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.